Tanpa kejernihan hidup yang bagaimana ... manusia bisa berdamai dengan kematian ? Tak ada kebaikan yang tak berbalas, tak ada keburukan yang tak bersanksi

18 Juni 2015

KHALIL GIBRAN

By : Hamdan Arfani

Yang betul Khalil apa Kahlil ... ? Dari Wikipedia tertulis Khalil Gibran.  Saya agak ketinggalan jaman, pertama baca karya Khalil Gibran di tahun 1998-an itu pun cuma terjemahan.  Konon kata dosen Rancob saya di Unila waktu itu,  Ibu Mien atau nama lengkapnya Mintarsih Adimiharja alm (semoga rahmat Allah selalu tercurah untuk beliau), tulisan Gibran baru akan terasa "citarasanya" jika dinikmati dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Inggris.  Saya tahu Bu Mien adalah salah seorang penikmat karya-karya Gibran... beliau sesekali mengutipnya.

Ada satu kalimat tulisan Gibran yang masih saya ingat sampai sekarang, dalam bahasa Indonesia kurang lebih "... seorang pejalan malam akan makin tangkas terbangnya jika semakin dekat dengan fajar ... ."  Luar biasa ... kurang lebih Gibran mengatakan bahwa orang akan semakin lihai meniti kehidupan jika semakin dekat dengan Sang Sumber Cahaya, yaitu Allah SWT...  Cahaya Allah adalah cahaya di atas cahaya ... Nurun 'ala nurin.

Barangkali ingin tahu sedikit biografi Khalil Gibran, berikut bersumber dari Wikipedia ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar pada kotak di bawah ini. Jangan lupa tulis kota asal Anda...