Tanpa kejernihan hidup yang bagaimana ... manusia bisa berdamai dengan kematian ? Tak ada kebaikan yang tak berbalas, tak ada keburukan yang tak bersanksi

31 Juli 2009

Vaksin Ayam

Pertanyaan :

Assalamualikum pak Ir.Batara, Pak saya sedikit bingung dengan program vaksinasi, yang mau saya tanyakan apakah jenis dan merk vaksin untuk anak ayam umur 4 hari sama dengan vaksin ayam umur 4 minggu dan 4 bulan, bahkan saya pernah melihat ke farm peternakan di daerah saya, bahkan pemiliknya mem vaksin DOC umur 4 hari dengan dua jenis dan merk vaksin, cara pemberiannya pun dengan cara tetes dan suntik. Apakah pada umur tersebut tidak terlalu berbahaya memvaksin ayam dengan cara disuntik..? atas jawaban dan pencerahan bapak saya uapkan terima kasih..! (Ifnul Sadli di ...)

Jawaban :

1. Cara pemberian vaksin tertera pada kemasan vaksin, jika Anda riskan menyuntik DOC atau anak ayam, vaksin dapat diberikan secara semprot (spray), tetes, atau minum. Masing-masing cara ada kelebihan dan kekurangannya.

2. Vaksin yang paling banyak dicari dewasa ini adalah vaksin untuk penyakit ND (tetelo), IB, dan AI (flu burung). Beberapa pabrik mengeluarkan vaksin gabungan, misalnya ND-IB. Vaksin gabungan ini lebih praktis. Pemberian vaksin pertama bisa jenis ND-IB dulu, kemudian disusul AI pada beberapa minggu atau bulan berikutnya.

3. Vaksin yang paling banyak beredar di pasaran adalah jenis life (hidup). Vaksin life ini diberikan setiap 6 bulan sekali atau sesuai petunjuk pada kemasan.

4. Vaksin untuk ayam kecil dan besar sama saja, yang membedakan hanya dosis pemberiannya saja. Jika Anda menemukan vaksin yang khusus untuk ayam kecil, vaksin itu memiliki kepekatan yang lebih rendah.

5. Perusahaan yang memproduksi vaksin cukup banyak, Anda dapat memilah yang terbaik dengan cara mempelajari brosurnya. Biasanya brosur vaksin bisa didapatkan di poultry shop.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar pada kotak di bawah ini. Jangan lupa tulis kota asal Anda...